21 February 2017

Istilah-Istilah Dan Genre Di Dunia Anime Dan Manga

Istilah-Istilah Dan Genre Di Dunia Anime Dan Manga
Doumo Minna ! Kali ini Saya Akan Share istilah-istilah dan genre yang sering di gunakan di dunia anime dan manga, mungkin ada beberapa dari kalian yang kurang mengerti dari istilah-istilah tersebut. Mungkin artikel di bawah ini bisa membantu anda memahami istilah-istilah yang tidak kalian ketahui.

Anime
Anime Yaitu animasi khas jepang singkatan dari Animeshome (pelafalan orang di jepang untuk Animation). Yang biasa di cirikan dengan gambar-gambar bergerak yang berwarna warni yang menampilkan berbagai tokoh dalam berbagai lokasi dan cerita yang ditujukan pada beragam jenis penonton.

Manga
Manga merupakan komik dalam bahasa jepang, diluar jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik jepang.

Mangaka

Mangaka adalah istilah kata untuk menyebut sang pembuat manga.

Tankoubon
Tankaubon adalah istilah dalam bahasa jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk Monograf.

Seiyuu

Seiyuu adalah istilah kata untuk menyebut pengisi suara dalam bahasa jepang.

Doujinshi

Doujinshi adalah istilah untuk menyebut komik yang di buat para fans yang menggunakan karakter-karakter dari manga yang sudah terbit/populer namun dibuat dengan alur cerita karangan sendiri.

Cosplay

Cosplay adalah singkatan dari Costum Play yang digunakan untuk menyebut orang orang yang memakai pakaian menyerupai karakter anime/manga/karakter di dalam game.

Cosplayer

Cosplayer adalah istilah berdandan seperti karakter anime/manga/karakter di dalam game, maka Cosplayer digunakan untuk menyebut sang Aktor Cosplay tersebut.

Otaku

Otaku adalah istilah bahasa jepang yang digunakan untuk orang-orang yang benar-benar menekuni hobinya (fanatic).

Weaboo

Weaboo adalah istilah seseorang yang terobsesi dengan budaya jepang, dan mereka cenderung untuk bertingkah laku seperti orang jepang, padahal orang tersebut bukan orang jepang. Bukan lahir di jepang dan bukan orang warga negara jepang. Hampir mirip dengan otaku tapi memiliki pandangan yang negativ.

Hikkikomori

Hikkikomori adalah istilah bahasa jepang yang digunakan untuk menyebut orang-orang dikalangan Remaja atau Dewasa yang mengurung diri atau menarik diri dari dunia luar atau kehidupan sosial.

Chibi

Chibi adalah istilah untuk menyebut karakter anime yang digambarkan dengan wajar/muka atau penampilan yang kawai (imut) atau mirip anak anak. Chibi sendiri adalah singkatan dari kata bahasa inggris Child Body yang artinya Tubuh Anak-anak.

Chara
Chara adalah tokoh/karakter yang ada di dalam Anime.

Fan Art

Fan Art merupakan gambar kreasi dari karakter anime atau manga yang disukai. Bisa juga yang dihasilkan oleh para fans.

Fan Fic

Fan Fic adalah singkatan dari kata Fan Fiction yaitu cerita yang dikarang oleh fans menggunakan karakter-karakter anime atau manga yang sudah ada dan di modifikasi jalan ceritanya, sama seperti Doujinshi tapi perbedaannya adalah Foujinshi berbentuk komik dan Fan Fic berbentuk tulisan saja.

Fan Service

Fan Service adalah istilah untuk membuat/menghadirkan daya tarik yang disukai oleh fans, namun tidak berhubungan dengan jalur cerita. 
Misalnya Kalau Fans cowok biasanya dihadirkan dengan cewek-cewek berpakaian seksi (Bishoujo), dan kalau Fans cewek biasanya dihadirkan dengan karakter cowok cakep dan keren (bishounen).

Figure
Figure yaitu boneka yang berbentuk tokoh dari Anime/Manga/Game.

Nijikon
Nijikon adalah singkatan dari Nijigen Komperekkusu. Suatu istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2 dimensi melebihi dari obyek dimensi (manusia).

OVA

OVA atau di sebut juga OAV yang berarti Original Animated Vidio, yaitu Anime yang lansung dirilis dalam bentuk vidio dan tidak di tayangkan di Bioskop atau di Televisi terlebih dahulu.

Live Action

Live Action adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut film yang dibuat/diadaptasi berdasarkan dari Anime/Manga.

Ero
Ero Merupakan Hal-hal yang berbau erotisme.

Uke
Berasal dari kata kerja ukeru (menerima). Istilah yang digunakan untuk pair di Anime/Manga bergenre yuri/yaoi.

Seme
Berasal dari kata kerja semeru (menyerang). 

Seke
[seme-uke] si tokoh bisa jadi seme maupun uke.

Fukidashi
Balon teks pada manga

Omake
Bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar manga.

Adult
Sebuah karya yang isinya hanya cocok untuk orang dewasa. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini biasanya berisi banyak adegan kekerasan yang intens, dan atau gambar-gambar seksual serta ketelanjangan.

Mature
Karya yang mungkin terlalu ekstrem untuk orang di bawah umur 17. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini bisa berisi kekerasan intens, darah, konten seksual, dan bahasa-bahasa kasar.

Sd (Super Deformed)
Sd Adalah istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter Anime/Manga dengan size kecil, tetapi proporsi tubuh tetap pas.

Tokusatsu

Tokusatsu yang mempunyai arti Special Effect kata yang digunakan untuk menyebut effect yang ada di film-film yang mempunyai special effect seperti Kamen Raider.

Tankoubon

Tankoubon adalah istilah yang digunakan buku manga yang terdapat beberapa chapter di dalamnya, dijepang sebelum membuat buku komik manga hanya diterbitkan perchapter saja yang diterbitkan melalui majalah-majalah seperti kumpulan manga seperti Shounen Jump.

Shotacon

Shotacon adalah singkatan dari Shoutaro Komperekkusu, istilah bahasa jepang yang menggambarkan Ketertarikan kepada Anak lelaki yang jauh lebih muda.

Kita Lanjut kan ke Macam-macam Genre Anime dan Manga

Action
Sebuah karya yang biasanya menggambarkan perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan-gerakan cepat.

Adventure
Apabila seorang karakter melakukan sebuah perjalanan yang panjang untuk satu dan lain hal, itu adalah pertanda judul yang anda pilih adalah anime atau manga petualangan. 

Comedy
Karya dramatis yang ringan dan seringkali humoris, mengandung sebuah resolusi, pemecahan masalah, atau kesimpulan yang bahagia akan sebuah konflik.

Drama
Karya yang dimaksudkan untuk menarik keluar respons emosional dari pembaca, seperti rasa sedih atau ketegangan.

Fantasy
Karya apapun yang memasukkan unsur sihir, dunia impian, dan dongeng atau legenda.

Harem
Genre Anime/Manga dimana seorang tokoh cowok di kelilingi oleh banyak tokoh cewek.

Mecha

Genre Anime/Manga yang berunsur Robot dan perang.

Magical Girl
Genre Anime/Manga  yang berunsur sihir dengan main chara shoujo.

Sentai
Genre Anime/Manga yang berunsur Militer, biasanya menceritakan sejarah yang nyata seperti PD I dan PD II.

Senshi

Unsurnya sama dengan Sentai namun lebih sering dipakai di Grup Shoujo.

Shoujo Ai
Genre Anime/Manga yang bertemakan Girl Relationship atau dengan kata lain adalah hubungan cewek dengan cewek. Hanya sebatas teman dekat (intim), tapi tidak sampai taraf seksual.

Shonen Ai

Genre Anime/Manga yang bertemakan Boy Relationship atau hubungan cowok dengan cowok. Tidak sampai taraf seksual.

Yuri

Genre Anime/Manga cewek dengan cewek yang berakhir dengan hubungan seksual.

Yaoi

Genre Anime/Manga cowok denngan cowok yang berakhir dengan hubungan seksual. Genre ini digemari oleh para cewek dan sebagian besar mangakanya perempuan, sebutan dari cewek penyuka Genre Yaoi adalah Fujoshi, sedangkan untuk cowok Fudanshi.

Ecchi

Genre Anime/Manga yang menunjukkan sedikit konten Vulgar. Ecchi merupakan lafalan bahasa jepang pada huruf roman H dan H ini mewakili huruf pertama Hentai, namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual.

Hentai

Genre Anime/Manga tingkat atas Ecchi yang berakhir dengan hubungan seksual.

Horror

Karya yang dipenuhi oleh emosi-emosi seperti rasa takut, kekhawatiran, dan kebencian; emosi yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan.

Historical

Karya-karya yang berbau sejarah. 

Mystery
Biasanya peristiwa yang tidak bisa dijelaskan terjadi, dan karakter utamanya harus melakukan segala cara untuk mencari penyebabnya. 

Romance
Karya apapun yang berhubungan dengan cinta.

School Live
Karya yang latar belakang ceritanya berfokus pada kehidupan sekolah. 

Sci-fi
Karya fiksi ilmiah.

Sports
Karya-karya yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.

Supernatural
Karya-karya yang berisi kekuatan-kekuatan dan kejadian luar biasa yang tidak dapat dijelaskan, serta melanggar hukum fisika.

Gender Bender
Wanita berpenampilan dan berpakaian seperti pria, begitu juga sebaliknya. Atau mungkin kasus lainnya adalah wanita berubah menjadi pria, dan sebaliknya.

Martial Arts
Sesuai dengan namanya, karya apapun yang berhubungan dengan seni bela diri.

Sekarang sudah tau semuanya kan? atau ada lagi istilah anime/manga yang kamu ketahui dan belum ditulis diatas? boleh ditambahkan lewat kolom komentar ya^^. Baiklah postingan kali ini kita sudahi sampai disini dulu, sampai berjumpa kembali dipostingan berikutnya^^.
Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel