12 August 2018

Dampak Negatif Dari Penggunaan HP

Dampak Negatif Dari Penggunaan HP
Setelah beberapa waktu yang lalu saya membahas tentang beberapa Dampak Positif Dari Penggunaan Hp, hari ini saya akan membahas beberapa Dampak Negatif Dari Penggunaan HP biar kalian tau dan tidak hanya melihat sisi positifnya saja, yang pasti kalian juga harus melihat dari sisi negatifnya juga ya.
Dampak Negatif Dari Penggunaan HP
Dampak Negatif Dari Penggunaan HP

Lupa Waktu
Yang pertama ini pastinya tak terpungkiri bagi pengguna HP Android, dikarenakan berbagai fitur yang sudah komplit hingga berakibat pada sang pengguna yang tanpa sadar terlalu lama bermain ponsel. 

Bahkan Anda tidak menyadari bahwa dengan terlalu lama waktu berlalu, Anda kerap kali membuang-buang waktu saja hanya dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dengan ponsel Anda. 

Pada awalnya Anda menggunakannya untuk mengusir kebosanan dengan berbalas pesan maupun menelpon Teman terdekat Anda sebentar untuk menanyakan kabarnya, namun dikarenakan topik pembicaraan yang sangat asik hingga Anda menjadi lupa waktu. 

Dengan waktu yang terbuang untuk saling berkabar dengan rekan terdekat Anda melalui ponsel dapat membuat pekerjaan yang seharusnya Anda selesaikan menjadi terbengkalai.

Kurangnya Waktu Beristirahat
Kurangnya waktu beristirahat adalah salah satu contoh dari dampak negatif penggunaan ponsel bagi kehidupan sehari-hari. Dengan memainkan ponsel terlalu lama akan membuat kita lupa akan waktu, tentu saja termasuk waktu istirahat Anda. 

Hal ini kerap kali dialami oleh orang yang tengah melakukan pendekatan dengan seseorang yang ia sukai. Boleh saja kita memainkan ponsel untuk emngetahui kegiatan apa saja yang sedang di lakukan oleh si dia, namun yang perlu kalian perhatikan adalah jangan sampai kalian terlalu berlebihan hingga mengorbankan waktu istirahat Anda.

Meningkatkan Kekawatiran
Jika Anda senang berkirim pesan singkat, tampaknya Anda harus memperhatikan hal berikut ini. Khawatir menunggu kabar dari orang yang sedang Anda tunggu, hal tersebut juga dapat membuat kepala Anda terasa sangat sakit. 

Hal ini disebabkan oleh stress yang menumpuk dikarenakan Anda yang selalu menunggu pesan tersebut. Hal tersebut bisa mengakibatkan kepala Anda terasa sakit bahkan juga bisa menyebabkan migren. 

Solusi yang tepat untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan telepon untuk mengetahui informasi yang ingin Anda ketahui sesegera mungkin. Apabila Anda tidak dapat menelpon, buatlah diri Anda sibuk agar dapat melupakan tentang pesan Anda yang belum dibalas juga.

Memicu Timbulnya Stress
Jika Anda suka berkirim pesan baik SMS, Whatsapp atau aplikasi sejenisnya, tentu dengan terlalu lama menunggu balasan dari pesan yang Anda kirimkan dapat memicu stress. 

Anda akan lebih cenderung bersikap agresif, sering marah, dan akan terus-menerus melihat ke layar ponsel Anda. Hal tersebut akan menyebabkan hilangnya fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau pun jika sedang berbicara dengan orang yang sedang berada di area sekitar Anda. 

Metode untuk menghilangkan stress adalah dengan langsung menelpon mereka, supaya Anda segeera mengetahui jawaban apa yang ingin mereka sampaikan kepada kita.

Ketergantungan
Dijaman sekarang ini berbalas pesan ataupun menelpon sudah tidak lagi mahal, tentu dengan kondisi tersebut masyarakat akan terus menerus menggunakannya, hal tersebut dapat memicu ketergantungan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus menerapkan hidup disiplin dan bisa mengatur waktu Anda sebaik mungkin.

Menyebarnya berita hoax/kebohongan
Pasti kalian sudah tau kan apa itu berita hoax ?, yup, berita yang isinya adalah kebohongan merupakan berita yang sering di dapatkan dari pemberi informasi yang tidak diketahui asal usulnya. 

Peran ponsel disini sangatlah penting untuk menyebarkan berita yang dibutuhkan, namun apa yang akan terjadi jika kita mendapatkan berita yang tidak sesuai dengan fakta ? Hal tersebut dapat dihindari jika kita memastikan terlebih dahulu dari mana asal usul berita tersebut. 

Anda harus lebih berhati-hati lagi dan lebih teliti dalam mengolah informasi yang Anda dapatkan agar Anda tidak mudah untuk ditipu.

Munculnya Cyber – Bullying
Cyber – bullying adalah kekerasan yang dilakukan oleh seseorang melalui  pesan singkat pada ponsel, internet, maupun media sosial. Hal ini bermula pada suatu ejekan, penghinaan, ancaman, intimidasi, hingga di permalukan oleh salah satu pihak. 

Tersedianya kolom komentar pada media sosial seakan memberi dukungan pada individu untuk melakukan hal negatif, padahal awal mulanya kolom komentar di gunakan untuk memberi masukan positif atas konten yang mereka unggah, namun kini sudah disalah gunakan untuk berkata ujaran yang tidak pantas untuk dilakukan. 

Apabila hal ini terjadi secara terus menerus, tentu saja pihak yang dibully akan terasa stress dan tertekan hingga mengakibatkan orang tersebut menjadi depresi, dan tak sedikit juga yang pada akhirnya malah memilih untuk melakukan bunuh diri.

Timbulnya Rasa Sakit di Bagian Lengan dan Pergelangan Tangan
Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu dengan memainkan ponsel, mungkin Anda sering merasakan nyeri ataupun sakit di sekitar lengan dan pergelangan tangan. Dengan kita terlalu lama memainkan ponsel maupun mengetik pesan akan membuat otot dan persendian yang kita miliki di sekitar lengan ataupun pergelangan tangan menjadi lelah. 

Jangan lupa untuk memperhatikan waktu bermain ponsel dan jika perlu batasi waktu penggunaan ponsel Anda. Sedangkan untuk Anda yang sudah merasakan sakit di area tersebut sebaiknya beristirahat dan berikan gerakan peregangan agar otot bisa menjadi lebih rileks.

Tumbuhnya Sel Kanker
Kerap kali jika kita meletakkan ponsel di sekitar kita hal tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Pancaran radiasi yang di sebabkan dari ponsel yang ada di sekitar akan meningkatkan resiko tumbuhnya sel hingga ke jaringan abnormal di dalam tubuh. Hentikan kebiasaan Anda untuk mengantongi handphone selama berjam-jam dalam keadaan hidup, dan letakkan ponsel Anda sejauh mungkin dari tempat tidur.

Sekian Dampak Positif Dari Penggunaan Hp, semoga bisa bermanfaat bagi kita pengguna Handphone.
Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel